Kemendag Tengah Menargetkan Percepatan Digitalisasi Pasar di Indonesia

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menargetkan percepatan digitalisasi 1.000 pasar rakyat dan 1.000.000 pedagang usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Zulkifli mengungkapkan bahwa digitalisasi pasar bertujuan agar pasar-pasar rakyat memiliki lokapasar dan platform menuju era digital yang sekarang sudah masuk di Indonesia. Menurutnya, digitalisasi pasar juga akan mempermudah pertemuan antara pedagang dan pembeli serta memperpendek mata rantai distribusi.

Kemendag tengah berkolaborasi dengan pelaku UMKM dan berbagai pihak. Seperti Bank Indonesia melalui program transaksi nontunai Sehat, Inovatif, Aman, Pakai (SIAP) dan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) ); pemanfaatan lokapasar melalui Tokopedia; pemanfaatan ride hailing melalui Grab; penerapan situs web pasar, informasi harga dan pencatatan omzet pasar melalui Sistem Informasi Sarana Perdagangan (SISP); penerapan informasi harga barang kebutuhan pokok melalui Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP); serta penerapan pembayaran retribusi secara elektronik melalui perbankan daerah maupun nasional.

(VR)

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart