Pemerintah Kota Bekasi Launching Kampung KB di Jatibening, Pondok Gede

Kota Bekasi – Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga (DPPKB) Kota Bekasi bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat mengadakan kegiatan Launching Sinergitas Perguruan Tinggi Terhadap Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas (KAGATAS) di Kota Bekasi yang berlokasi di Kampung Keluarga Berencana (KAGATAS) Melati, RW 14, Kelurahan Jatibening, Kecamatan Pondok Gede (Rabu, 20/04/2022).

Pada kegiatan ini, turut dihadiri oleh Direktur Prencanaan Pengendalian penduduk BKKBN RI, Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan Kota Bekasi, Kepala DPPKB, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), Camat Pondok Gede, dan Lurah Jatibening.  Selain itu pula, turut hadir perwakilan mahasiswa dari Institut STIAMI Bekasi.

Selain melakukan peresmian Kampung Keluarga Berkualitas (KAGATAS) Kota Bekasi, para pejabat yang hadir juga melakukan pemberian 50 paket sembako kepada warga yang tinggal di sekitar lingkungan KAGATAS Melati dalam rangka kegiatan Bulan Ramadhan on The Street (Bubos) yang ke-6 se Provinsi Jawa Barat. Penyaluran paket sembako dibantu oleh Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPKB) Kota Bekasi.

Pada rangkaian acara, para tamu undangan yang hadir juga turut ikut memanen hasil budidaya ikan lele dan melakukan penanaman pohon secara simbolis.

BKKBN RI, sangat mendukung adanya program Kampung Keluarga Berkualitas, “BKKBN, sangat mendukung program ini (Kampung Keluarga Berkualitas), karena program ini, merupakan program yang sangat mulia, kita membangun keluarga”, ujar Direktur Perencanaan Pengendalian Penduduk, Dr. Munawar Asiki, S.Si, M.S.E. dalam sambutannya.

Asisten Daerah Bidang Pemerintahan, Ir. H. Yudianto menyampaikan, “kampung KB merupakan salah satu upaya yang memperbaiki kualitas sumber daya manusia yang dari sektor kependudukan dan keluarga berencana,” ucapnya.

Kepala DPPKB, Dr. Marisi, S.Pd, M.Pd pun turut menuturkan bahwa suatu pembangunan itu perlu adanya kolaborasi yang baik antara pemerintah dengan pihak lain, “pembangunan itu, tidak hanya dilaksanakan oleh pemerintah. Namun, keterlibatan semua elemen yang ada di wilayah kita. Yaitu, dengan menggunakan metode pentahelix, dimana pemerintah, perguruan tinggi, swasta atau pengusaha, juga aktivis termasuk komunitas, dan media, bersama-sama membangun daerah kita ini supaya maju,” tuturnya.

Tidak ketinggalan Camat Pondokgede, Ahmad Sahroni, S.Sos., M.Si juga menyampaikan bahwa, “kampung KB itu, bukan hanya sebatas program mengendalikan penduduk, tapi bagaimana juga kampung memperdayakan potensi masyarakat yang ada di sini,” tambah Sahroni.

Masyarakat yang turut hadir dalam acara Launching Kampung Keluarga Bekualitas berharap, “dngan adanya Kampung KB ini, saya meminta agar warga Kota Bekasi atau Jatibening ini, maju, tambah keren, dan tambah mantap,” ujar Lina salah satu warga sekitar.

(PUT)

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart