PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA TAHUN 2021, SEKDA IKUTI SECARA VIRTUAL VIDEO.

Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada hari ini dengan upacara di Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin berjalan dengan proses khidmat. Mengusung tema Indonesia Tangguh berlandaskan pancasila yang juga diikuti oleh peserta upacara dari Kota dan Kabupaten se Indonesia dilakukan dengan virtual video.

Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Reny Hendrawaty bersama para pejabat Esselon II yang hadir di Media Center Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi mengikuti gelaran upacara melalui video virtual yang juga diikut sertakan para pejabat esselon II dan III di kantor masing masing.

Upacara yang digelar di Lubang Buaya, Presiden RI sebagai Inspektur Upacara, usai mengumandangkan lagu Indonesia Raya, acara berlanjut mengheningkan cipta untuk para arwah yang telah gugur memerdekakan negara tercinta ini. Selanjutnya Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti membacakan teks pancasila, sedangkan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo membacakan pembukaan UUD 1945.

Pembacaan dan penandatanganan ikrar dilakukan oleh Ketua DPR, Puan Maharani dan ditutup dengan doa yakni Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Pancasila sebagai falsafah negara Republik Indonesia, sebagai ideologi bangsa dan sebagai akar yang menyambung masa lalu dan mas depan kita bersama, masa pandemi seperti saat sekarang sangat terasa sulit membayangkan sisi positif dari bencana yang melanda secara kebersamaan mengalami krisis kesehatan, ekonomi dan pembelajaran.

Bukti nyata adanya pancasila bisa dilihat dari lilin lilin kemanusiaan di lingkungan masing masing, pengorbanan para tenaga medis yang pertaruhkan nyawa setiap hari semi menyelamatkan pasien Covid 19, ribuan mahasiswa yang mencalonkan dirinya sebagai sukarelawan dalam penanganan Covid adalah rasa kemanusiaan yang dilandaskan dari sebuah Pancasila.

(Ndoet)

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart