TALKSHOW DISDUKCAPIL KOTA BEKASI

ARTIKEL TALKSHOW DISDUKCAPIL 

TEMA : SOSIALISASI E-OPEN 2.0

Sosialisasi e-Open 2.0 yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan sistem pelayanan kependudukan yang terintegrasi secara elektronik. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas layanan kepada masyarakat dalam hal pengurusan dokumen kependudukan seperti KTP, akta kelahiran, dan lainnya melalui platform elektronik.

Biasanya dalam sosialisasi ini, Disdukcapil Kota Bekasi memperkenalkan fitur-fitur e-Open 2.0 seperti kemudahan dalam pengajuan, pelacakan status permohonan secara online, serta integrasi antara berbagai unit pelayanan kependudukan. Manfaat yang diharapkan termasuk pengurangan birokrasi, percepatan proses pelayanan, dan peningkatan transparansi.

Partisipasi aktif dari masyarakat, lembaga swasta, dan instansi pemerintah lainnya juga menjadi fokus dalam sosialisasi ini. Masyarakat diharapkan dapat mengambil manfaat dari kemudahan akses dan pelayanan yang ditingkatkan melalui sistem e-Open 2.0.

Guna memaksimalkan dan memperbaharui pelayanan Administrasi Kependudukan bagi masyarakat secara _online_ yang bisa diakses darimana saja, kini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menerbitkan Aplikasi E-Open 2.0 yang merupakan _upgrade_ dari sistim sebelumnya. 

 

Aplikasi E-Open 2.0 resmi diluncurkan oleh Pj. Wali Kota Bekasi, Gani Muhamad pada Kamis (20/06) dan masyarakat sudah bisa mengaksesnya. 

 

Mengedepankan _website based application_, kehadiran E-Open 2.0 semakin memudahkan masyarakat. Tanpa perlu mengunduh aplikasi, cukup mengakses laman www.e-open.id , masyarakat sudah bisa menikmati berbagai layanan yang tersedia.

 

Menurut Kepala Disdukcapil, Taufiq Hidayat, “dengan berbasis _website_, masyarakat tidak perlu lagi mengunduh aplikasi yang tidak semua _platform_ atau jenis _smartphone_ bisa mengunduhnya, namun dengan mengakses website, siapapun dan berbagai _device_ bisa dengan mudah serta cepat mendapatkan berbagai layanan adminduk yang tersedia,” ucapnya.

 

Pj. Wali Kota Bekasi, Gani Muhamad tentunya mendukung penuh hadirnya E-Open 2.0.  Gani Muhamad menekankan bahwa, “semakin ke sini, semakin majunya perkembangan teknologi, kebutuhan layanan untuk masyarakat musti harus terus dikembangkan, apalagi terkait adminduk yang merupakan kebutuhan utama sebagai Warga Negara Indonesia, harus tersedia bentuk layanan yang aksesnya mudah, tidak merepotkan, cepat, dan tidak sulit tahapannya, sehingga masyarakat pun merasa nyaman akan pelayanan yang kita berikan,” tegas Gani Muhamad.

 

Inovasi pelayanan adminduk E-Open sebelumya telah berhasil meraih berbagai penghargaan sampai dengan tingkat Nasional. Disdukcapil juga menghadirkan program-program layanan adminduk lainnya, namun Gani Muhamad tetap berpesan untuk tidak berhenti ciptakan inovasi-inovasi pelayanan lainnya.

 

“Saya sangat mengapresiasi atas segala raihan prestasi yang telah ditorehkan atas inovasi-inovasi program layanan yang dihadirkan Disdukcapi, dan saya pun mendorong Kadisdukcapil dan segenap jajarannya untuk tidak berhenti berinovasi menciptakan program-program terbaik lainnya untuk kemajuan pelayanan publik di Kota Bekasi ke depannya,” tutup Gani 

 

 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x