Talkshow Kejaksaan Negeri Kota Bekasi

 

Talkshow Kejaksaan Negeri Kota Bekasi

Jumat, 08 Maret 2024

Tema : Cyber Bullying

 

“Jaksa Menyapa” Kembali hadir di Radio Elgangga, membawa tema Cyber Bullying.

Kejaksaan Negeri Bekasi membahasa mengenai Cyber Bullying.

Cyber bullying adalah segala bentuk kekerasan yang dialami anak atau remaja oleh teman seusia mereka melalui dunia maya atau internet. Ini termasuk intimidasi dunia maya, dimana korban dikejar, dihina, diintimidasi atau dipermalukan melalui media internet, teknologi digital atau telepon seluler. Tindakan ini sering terulang dan terjadi karena kurangnya pengawasan akses perangkat elektronik dan internet.

Cyber bullying dianggap sebagai kejadian jika pelaku dan korban berusia di bawah 18 tahun, dan hukumnya dianggap kejahatan jika salah satu pihak sudah berusia di atas 18 tahun. Bentuk dan metode tindakan ini berkembang dan bervariasi, dari pesan ancaman melalui surel, mengunggah foto mempermalukan, membuat situs web untuk menyebar fitnah, hingga mengakses akun sosial lain untuk mengancam korban. Motivasi pelaku juga beragam, dari marah dan ingin balas dendam, frustrasi, ingin mencari perhatian, hingga hiburan.

Contoh cyber bullying termasuk menyebarkan kebohongan, mengirimkan pesan atau gambar yang menyakitkan, dan meniru identitas seseorang. Dampaknya dapat menyebabkan depresi, kecemasan, stres, perasaan tidak berdaya, dan mungkin akan memicu ide bunuh diri.

 

Untuk mengatasi cyber bullying, korban disarankan untuk tidak lagi berinteraksi dengan kelompok yang melakukan kekerasan, blokir akun pelaku, menyimpan bukti kejadian, dan laporkan ke pihak berwajib. Dalam hal ini, perhatikan perlunya pengawasan dan pemahaman yang lebih dalam tentang dunia maya untuk mencegah dan meredakan kejadian cyber bullying.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *