Vaksinasi Covid-19 Bagi Pelayan Publik di Kota Bekasi Capai 39.8 Persen

[17.36, 23/3/2021] Mas Adi: Pemerintah Kota Bekasi terus melakukan vaksinasi bagi target sasaran mulai dari tenaga medis, petugas pelayanan publik, lansia hingga kelompok masyarakat lainnya yang ditargetkan rampung hingga Maret 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati mengatakan pelaksanan Vaksinasi Covid-19 di Kota Bekasi khususnya pada tahap kedua, mulai berjalan sejak awal Maret 2021 bagi kelompok sasaran pelayanan publik. Pada tahap kedua ini rencananya berlangsung hingga April 2021.

Dijelaskan dalam laporan evaluasi kegiatan vaksinasi tahap kedua pada 1-21 Maret 2021, terdata sebanyak 24.344 ribu peserta telah mengikuti vaksinasi.

Mereka merupakan target sasaran yang terdiri dari ASN Kota Bekasi, Pegawai Pemerintahan, Pedagang Pasar, Lansia, Petugas Keamanan, pelaku usaha, hingga tenaga pendidik.

Sebelumnya terdata sebanyak, 61.227 peserta vaksinasi namun baru 24.344 ribu telah divaksin atau 39.8 persen.

Dinas Kesehatan Kota Bekasi akan membuka pos massal untuk meningkatkan cakupan pelayanan vaksinasi Covid-19 disesuaikan dengan ketersediaan dosis vaksin yang diberikan Pemerintah Pusat.

Vaksinasi di Kota Bekasi dilaksanakan di 120 layanan yaitu 42 puskesmas, 46 Rumah Sakit dan 32 Klinik. Pemkot Bekasi juga telah membentuk Tim Pelaksana, Tim Monitoring dan Evaluasi serta Pokja KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

Vaksin dilakukan dalam beberapa tahap:

  1. Tahap pertama (Januari-April 2021) dengan sasaran tenaga kesehatan
  2. Tahap kedua (Maret-April 2021) dengan sasaran petugas layanan publik
  3. Tahap ketiga (April 2021-Maret 2022) dengan sasaran masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial dan ekonomi.
  4. Tahap keempat (April 2021-Maret 2022) dengan sasaran masyarakat dan pelaku ekonomi lainnya.

Vaksinasi diberikan dua kali pada setiap sasaran. Dengan rentan waktu 14 hari setelah vaksinasi pertama, untuk memaksimalkan pembentukan kekebalan tubuh. (goeng)
[17.36, 23/3/2021] Mas Adi: Up 2 Web
[08.35, 24/3/2021] Mas Adi: SIARAN PERS HUMAS KOTA BEKASI
Rabu, 24 Maret 2021

Pengurus dan Anggota Dharma Wanita Persatuan Kota Bekasi Lakukan Vaksinasi 

KOTA BEKASI – Bertempat di Hotel Horison Kota Bekasi, Pengurus dan Anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Bekasi, dengan total 63 orang lakukan vaksinasi bersama oleh Dinas Kesehatan Kota Bekasi yang difasilitasi Tim Puskesmas Margajaya pada hari Selasa 23 Maret 2021.

Proses vaksinasi dimulai dari pendaftaran diri, setelah itu dilakukan skrinning dengan mengecek tekanan darah dan kadar oksigen, lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan oleh dokter. Setelah dinyatakan boleh menerima vaksin oleh dokter serta lolos skrinning, peserta akan diberikan vaksin, lalu diobservasi selama 30 menit. Setelah selesai observasi penerima vaksin akan diberikan kartu vaksinasi.

Wali Kota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi, berkesempatan untuk mengunjungi dan melihat-lihat pelaksanaan vaksinasi tersebut. Beliau berpesan kepada para calon penerima vaksin bahwa setelah divaksin untuk tetap selalu menataati protokol kesehatan 5M dan juga agar tebarkan pesan positif kepada yang lainnya sehingga yang lainnya pun akan siap divaksinasi.

“Tetap selalu pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas setelah divaksin, karena demi menjaga sesama lainnya, dan juga jangan lupa untuk mengingatkan dan mengajak sesama untuk mau divaksin juga.” Ucap Wali Kota.

Ketua DWP Kota Bekasi, Ratna Widodo, sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kota Bekasi atas fasilitasi vaksinasi yang diberikan kepada beliau dan anggotanya, serta mengapresisasi pelayanan yang diberikan dokter dan tim vaksinator serta Hotel Horison sebagai tuan rumah. “Kami, DWP Kota Bekasi terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemkot Bekasi melalui Dinas Kesehatan terutama untuk tim dari Puskesmas Margajaya karena kami telah diberikan kesempatan untuk divaksin, pelayanan yang diberikan tim vaksinator pun sangat baik, ramah. Penjelasan yang diberikan juga jelas, serta kenyamanan fasilitas Hotel Horison sebagai tuan rumah pun sangat baik. Hotel Horison sangat mentaati protokol kesehatan dalam penyelenggarannya, tidak ada penumpukan peserta dan kebersihan tempatnya pun terjaga.” Ucap Ratna Widodo.

Beliau pun berharap agar pelaksanaan vaksinasi untuk yang lainnya di fasilitas kesehatan yang telah disediakan Pemkot Bekasi dapat berjalan lancar dan senada dengan Wali Kota Bekasi beliau pun tidak lupa mengingatkan walaupun sudah divaksin untuk tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart