Laporan Talkshow Kejaksaan Negeri Kota Bekasi

Pengenalan Keadilan Restoratif di Kejaksaan Negeri Kota Bekasi

Keadilan restoratif adalah suatu konsep baru yang muncul pada tahun 2020 di Indonesia. Kejaksaan mengedepankan keadilan restoratif sebagai hukuman bagi para pelaku tindak pidana. Radio Elgangga menghadirkan Bpk Oscha Adrian S.H dan Bpk Omar Syarief S.H pada Selasa 5 Maret 2024 untuk memperjelas tentang keadilan restoratif.

Keadilan restoratif didasarkan pada konsep keadilan yang memastikan bahwa setiap pihak, termasuk pelaku, korban, dan keluarga, mendapatkan pemulihan dan keadaan semula. Hal ini berbeda dengan hukum yang bertujuan pembalasan atau perkara tindak pidana. Dalam keadilan restoratif, fokus terletak pada pemulihan dan perbaikan hubungan antara pihak-pihak yang terlibat.

Untuk mencapai keadilan restoratif, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Tersangka harus bukan pelaku tindak pidana sebelumnya, dan tindak pidana harus memiliki hukuman penjara maksimal 5 tahun, Nilai barang bukti atau kerugian juga harus dikira dalam hal ini.

Di Kota Bekasi, tepatnya di Kranggan Jatisampurna, rumah restoratif tersedia untuk masyarakat yang berminat dengan keadilan restoratif. Namun, tindak pidana harus tetap berada pada skala ringan dan kerugian tidak melebihi Rp. 2.500.000. Kebijakan dan mekanisme yang lebih lanjut dapat dikonfirmasi secara langsung ke Kejaksaan Negeri Kota Bekasi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *