Prosesi Pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi Dimulai, Warga Beri Penghormatan Terakhir.

Prosesi Pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi Dimulai, Warga Beri Penghormatan Terakhir.

Puluhan ribu warga Iran berkumpul untuk memberikan penghormatan terakhir saat jenazah Presiden Ebrahim Raisi diarak di jalanan kota Tabriz.

Dilansir AFP, Selasa (21/5/2024), sembari mengibarkan bendera nasional Iran dan foto mendiang Raisi, para pelayat berkumpul di alun-alun kota Tabriz, yang menjadi lokasi yang dituju Raisi dan rombongannya ketika helikopter yang mereka tumpangi jatuh pada Minggu (20/5) waktu setempat.

Para pelayat berjalan di belakang truk besar yang membawa peti mati berisi jenazah Raisi dan para korban tewas lainnya.

Arak-arakan jenazah ini merupakan bagian dari prosesi pemakaman yang digelar selama beberapa hari di beberapa kota, hingga nantinya jenazah Raisi dimakamkan pada Kamis (23/5) mendatang.

Dari Tabriz, jenazah Raisi akan diterbangkan ke kota Qom yang merupakan pusat ulama Syiah pada Selasa (21/5) waktu setempat, sebelum kemudian dibawa ke Teheran pada malam harinya.

Puluhan ribu orang dilaporkan berkumpul di Lapangan Valiasr di Teheran sejak Senin (20/5) waktu setempat.

Rangkaian prosesi akan digelar di Teheran pada Rabu (22/5) pagi, setelah pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memimpin doa dalam seremoni perpisahan untuk Raisi.

 

Jenazah Raisi kemudian akan diterbangkan ke Mashhad, kampung halamannya, di mana dia akan dimakamkan pada Kamis (23/5) malam waktu setempat.
Helikopter yang ditumpangi Raisi dan rombongannya hilang kontak saat dalam perjalanan ke Tabriz pada Minggu (19/5) waktu setempat, usai Raisi menghadiri peresmian proyek bendungan yang dibangun bersama pemerintah Azerbaijan.

Operasi pencarian besar-besaran yang berlangsung selama 18 jam berujung temuan puing helikopter di area hutan lebat di Dizmar, Provinsi Azerbaijan Timur, Iran, pada Senin (20/5) pagi waktu setempat. Pencarian itu sempat terhambat oleh kabut tebal, hujan dan medan terjal di area tersebut.
Televisi pemerintah Iran mengumumkan kematian Raisi dan seluruh anggota rombongannya dalam laporan pada Senin (20/5) pagi waktu setempat. Selain Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian, para pejabat provinsi dan anggota tim keamanan kepresidenan juga tewas dalam kecelakaan itu.

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Nian khan
Nian khan
30 days ago

Apakah ini ada kaitannya dengan Israel??

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x